Sebelum
Anda memulai menyusun konten melalui Google Trends, ada baiknya
kalau Anda mengetahui terlebih dahulu dasar yang harus Anda cari di Google
Trends. Google Trends memang disajikan kepada para pelaku
bisnis. Terutama dikalangan UKM. Biasanya para pelaku UKM menggunakan Google
Trends untuk memperoleh data-data mengenai bisnis yang mereka
jalankan. Karena ini akan membantu mereka dalam mengembangkan bisnis di
pasaran. Google Trends menunjukkan kepada kita apa saja yang
menjadi trend dan paling banyak dicari saat itu oleh masyarakat. Sehingga
memudahkan para pelaku UKM menentukan target pasar.
Banyak kata kunci yang berhubungan
dengan bisnis kita. Topik yang paling populer dan banyak dicari yaitu seperti
berikut :
- Entertainment
meliputi : Actors, TV, Musical,
Movies, Artist, Song, Reality shows, etc
- Sport
meliputi : Soccer Team,
Soccer Players, Athletes, Basket Players, Sport Teams, etc
- Nature and
Science
meliputi : Animals, Medications,
Scientists, Software, Technology, etc
- Shopping
meliputi : Fashion Brands, Cars,
Retail Companies, Sport Companies, etc
- Business
and Politics
meliputi : Business People, Energy
Companies, Financial Companies, Goverment Bodies, Politican
- Travel
and Leisure
meliputi : Authors, Books, Cities,
Drinks, Foods, Games, Restaurant, Countries and Region
Nah, selanjutnya bagaimana kita
memanfaatkan Google Trends untuk membuat konten bisnis yang
bisa membantu kita dalam penjualan ??
1.
Dapatkan kata kuncinya
Kata kunci ( keyword ) disini yang
dimaksud adalah kata kunci yang akan kita pakai nanti pada saat di Google
Trends. Keyword itulah yang akan membantu kita memperoleh ide untuk membuat
konten yang ada hubungannnya dengan bisnis kita. Sangat penting dalam memilih
dan mendapatkan keyword yang benar dan tepat. Setelah membuat list keyword
menggunakan Webmaster Tools dan Google Analytics dan
yang pasti telah disempurnakan di Google Adwords, Anda dapat
menggunakan Google Trends ini untuk membantu Anda dalam
mengkonfirmasi pilihan.
Misalnya, Anda ingin membuat toko
sepatu. Ada baiknya jika Anda memilih lebih dari 3 keyword yang akan membantu
Anda menemukan apa yang banyak diminati masyarakat.
2.
Memeriksa Keyword
Lakukanlah pemeriksaan kata kunci
secara berkala pada keyword yang telah kita pilih pada frase kunci untuk
optimalisasi website yang kitra miliki. Masukkan keyword yang kita pilih
ke Google Trends untuk melihat kedudukan atau peringkat
keyword yang kita pilih tadi. Apabila posisi keyword kita berada di posisi
terbawah kita bisa merubah kata kunci tersebut.
Kita juga bisa memeriksa keyword
untuk menargetkan lokasi geografis atau suatu wilayah tertentu dari teraget
market kita. Mungkin ada suatu daerah yang memiliki rating rendah
terhadap kata kunci yang kita pilih. Itu tentu saja akan berpengaruh pada apa
yang akan kita jalankan pada saat berbisnis.
3.
Menemukan Ide Konten
Google Trends memiliki
sebuah Tools yang akan membantu kita untuk memasukkan beberapa kata kunci baik
yang berhubungan dengan bisnis ataupun tidak. Kemudian kita bisa memeriksa
setiap lonjakan pada kata keyword tersebut pada periode waktu tertentu. Dan
bisa dipastikan kita akan menemukan ide – ide yang bagus ketika kita mengamati
lonjakan kata kunci yang kita masukkan dalam Google Trends tersebut.
Kemudian kita bisa mulai membuat
sebuah konten yang berhubungan dengan keyword tersebut. Kita bisa membuat
konten baik di website, blog, ataupun sosial media yang berhubungan dengan
keyword tersebut. Buatlah sebuah kata kunci yang mudah dicari dan ditemukan
oleh orang.
4.
Membuat konten dengan video
Seperti yang sedang populer saat
ini, sebuah konten visual akan menarik perhatian masyarakat lebih banyak dari
pada konten yang biasa. Kita bisa mencari apa yang kira – kira dibutuhkan orang
dan selanjutnya kita sesuaikan dengan konsep video yang ingin kita buat.
Misalnya kita menjalani bisnis Thai tea special, kita bisa mencoba untuk
membuat sebuah konten video yang berisi resep membuat Thai tea special tersebut
dan lain sebagainya. Ini akan memudahkan kita dalam menarik perhatian
masyarakat.
5.
Membuat website dengan konten terkait
Selain mengimplementasikan ide
kata kunci yang didapatkan dari Google Trends ke dalam sebuah
halaman website. Kita masih ingat bahwa penting sekali sebuah bisnis memiliki
website pribadinya sendiri. Menjadi alat untuk branding dan menjadi sarana
komunikasi dengan pelanggan. Kita tidak akan dikenakan biaya apapun ketika
ingin menulis sebuah konten yang berasal dari keyword Google Trends,
hanya saja mungkin waktu yang akan banyak tersita untuk bisa menghasilkan
konten yang baik dan menarik.
Ketika kita sudah mulai
menggunakan dan memaksimalkannya, tentu saja akan ada banyak tips yang bisa
dibagikan kepada pengguna lainnya. Jika Anda memiliki tips lainnya dan berkenan
untuk bisa di share di kolom komentar. Terima Kasih.. Semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar