Langsung ke konten utama

5 Cara menciptakan konten bisnis melalui Google Trends


     Sebelum Anda memulai menyusun konten melalui Google Trends, ada baiknya kalau Anda mengetahui terlebih dahulu dasar yang harus Anda cari di Google TrendsGoogle Trends memang disajikan kepada para pelaku bisnis. Terutama dikalangan UKM. Biasanya para pelaku UKM menggunakan Google Trends untuk memperoleh data-data mengenai bisnis yang mereka jalankan. Karena ini akan membantu mereka dalam mengembangkan bisnis di pasaran. Google Trends menunjukkan kepada kita apa saja yang menjadi trend dan paling banyak dicari saat itu oleh masyarakat. Sehingga memudahkan para pelaku UKM menentukan target pasar.


Banyak kata kunci yang berhubungan dengan bisnis kita. Topik yang paling populer dan banyak dicari yaitu seperti berikut :

  • Entertainment
meliputi : Actors, TV, Musical, Movies, Artist, Song, Reality shows, etc
  • Sport
 meliputi : Soccer Team, Soccer Players, Athletes, Basket Players, Sport Teams, etc
  • Nature and Science
meliputi : Animals, Medications, Scientists, Software, Technology, etc
  • Shopping
meliputi : Fashion Brands, Cars, Retail Companies, Sport Companies, etc
  • Business and Politics
meliputi : Business People, Energy Companies, Financial Companies, Goverment Bodies, Politican
  • Travel and Leisure
meliputi : Authors, Books, Cities, Drinks, Foods, Games, Restaurant, Countries and Region


Nah, selanjutnya bagaimana kita memanfaatkan Google Trends untuk membuat konten bisnis yang bisa membantu kita dalam penjualan ??

1. Dapatkan kata kuncinya

Kata kunci ( keyword ) disini yang dimaksud adalah kata kunci yang akan kita pakai nanti pada saat di Google Trends. Keyword itulah yang akan membantu kita memperoleh ide untuk membuat konten yang ada hubungannnya dengan bisnis kita. Sangat penting dalam memilih dan mendapatkan keyword yang benar dan tepat. Setelah membuat list keyword menggunakan Webmaster Tools dan Google Analytics dan yang pasti telah disempurnakan di Google Adwords, Anda dapat menggunakan Google Trends ini untuk membantu Anda dalam mengkonfirmasi pilihan.

Misalnya, Anda ingin membuat toko sepatu. Ada baiknya jika Anda memilih lebih dari 3 keyword yang akan membantu Anda menemukan apa yang banyak diminati masyarakat.


2. Memeriksa Keyword

Lakukanlah pemeriksaan kata kunci secara berkala pada keyword yang telah kita pilih pada frase kunci untuk optimalisasi website yang kitra miliki. Masukkan keyword yang kita pilih ke Google Trends untuk melihat kedudukan atau peringkat keyword yang kita pilih tadi. Apabila posisi keyword kita berada di posisi terbawah kita bisa merubah kata kunci tersebut. 

Kita juga bisa memeriksa keyword untuk menargetkan lokasi geografis atau suatu wilayah tertentu dari teraget market kita.  Mungkin ada suatu daerah yang memiliki rating rendah terhadap kata kunci yang kita pilih. Itu tentu saja akan berpengaruh pada apa yang akan kita jalankan pada saat berbisnis.


3. Menemukan Ide Konten

Google Trends memiliki sebuah Tools yang akan membantu kita untuk memasukkan beberapa kata kunci baik yang berhubungan dengan bisnis ataupun tidak. Kemudian kita bisa memeriksa setiap lonjakan pada kata keyword tersebut pada periode waktu tertentu. Dan bisa dipastikan kita akan menemukan ide – ide yang bagus ketika kita mengamati lonjakan kata kunci yang kita masukkan dalam Google Trends tersebut.

Kemudian kita bisa mulai membuat sebuah konten yang berhubungan dengan keyword tersebut. Kita bisa membuat konten baik di website, blog, ataupun sosial media yang berhubungan dengan keyword tersebut. Buatlah sebuah kata kunci yang mudah dicari dan ditemukan oleh orang.


4. Membuat konten dengan video

Seperti yang sedang populer saat ini, sebuah konten visual akan menarik perhatian masyarakat lebih banyak dari pada konten yang biasa. Kita bisa mencari apa yang kira – kira dibutuhkan orang dan selanjutnya kita sesuaikan dengan konsep video yang ingin kita buat. Misalnya kita menjalani bisnis Thai tea special, kita bisa mencoba untuk membuat sebuah konten video yang berisi resep membuat Thai tea special tersebut dan lain sebagainya. Ini akan memudahkan kita dalam menarik perhatian masyarakat.

5. Membuat website dengan konten terkait

Selain mengimplementasikan ide kata kunci yang didapatkan dari Google Trends ke dalam sebuah halaman website. Kita masih ingat bahwa penting sekali sebuah bisnis memiliki website pribadinya sendiri. Menjadi alat untuk branding dan menjadi sarana komunikasi dengan pelanggan. Kita tidak akan dikenakan biaya apapun ketika ingin menulis sebuah konten yang berasal dari keyword Google Trends, hanya saja mungkin waktu yang akan banyak tersita untuk bisa menghasilkan konten yang baik dan menarik.



Ketika kita sudah mulai menggunakan dan memaksimalkannya, tentu saja akan ada banyak tips yang bisa dibagikan kepada pengguna lainnya. Jika Anda memiliki tips lainnya dan berkenan untuk bisa di share di kolom komentar. Terima Kasih.. Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Kesalahan Fatal Dalam Membuat Copywriting

Faktanya, banyak UKM ynag memiliki produk dan jasa yang berkualitas, namun kesulitan dalam melaksanakan pemasarannya. Mereka kalah dengan company besar yang punya banyak budget tinggi untuk membuat iklan di televisi, billboard atau media cetak. Tapi, sebagai manusia yang dikaruniai Allah dengan akal yang luar biasa, semuanya bisa teratasi. The Power of Social Media Bahkan sekedar UKM sekelas mikroba sekalipun dapat menggeser produk-produk unicorn. Asal tau polanya asal paham caranya. Anda bisa mempromosikan produk apapun dengan modal sedikit dengan omset selangit. Salah satunya dengan Copywriting. Seni membuat tulisan yang menjual Copywriting adalah segala jenis tulisan yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu kepada calon konsumen. Nah biar gampang saya akan beri contoh sederhana.  - IPOD dengan memori 1 GB  - IPOD 1000 lagu dalam saku Anda  + Nikon kamera dengan lensa 2 MP  + Nikon, Abadikan momen terbaik Anda dengan cara terbai

Menjaga 7 Sunnah Dalam Kehidupan

CERDAS nya orang BERIMAN adalah dia yang mampu mengolah hidupnya yang sesaat dan sekejap untuk hidup yang panjang. Hidup bukan untuk hidup, akan tetapi hidup untuk Yang Maha Hidup. Hidup bukan untuk mati, akan tetapi mati itulah untuk hidup. Kita jangan takut mati, jangan mencari mati, jangan lupakan mati, akan tetapi rindukan mati. Karena mati adalah pintu berjumpa dengan ALLAH SWT. Mati bukanlah akhir dari sebuah cerita dalam hidup kita, tetapi mati adalah awal dari cerita kita yang sebenarnya. Maka dari itu sambutlah mati dengan penuh ketakwaan. Ketakwaan bisa dilakukan salah satunya dengan menjaga 7 Sunnah Nabi SAW setiap hari. Apa 7 Sunnah tersebut ? Yang Pertama adalah Sholat Tahajud. Sebab kemuliaan orang mukmin terletak pada tahajudnya. Yang Kedua adalah Membaca Al Qur'an sebelum matahari terbit. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata digunakan untuk membaca Al Qur'an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman. Yang ketiga ad

5 Prinsip Etos Kerja Dalam Islam

Dalam Islam, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk bekerja keras. Tidak asal bekerja tetapi ada sejumlah prinsp dan etos kerja yang diperhatikan agar apa yang kita kerjakan selaras dengan syariat Islam dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dalam Al Qur'an Surah Ar Ra'd ayat 11 Allah berfirman bahwa " Sesungguhnya  Allah tidak akan mengubah kondisi orang-orang sampai mereka mengubah apa yang ada di dalam diri mereka " Hal ini secara tegas menjelaskan bahwa manusia diminta untuk berikhtiar, berusaha untuk mencapai kesuksesan di dunia maupun di akhirat. Dalam Sebuah ungkapan dalam bahasa Arab dikatakan bahwa " Bekerjalah seolah-olah akan hidup selama-lamanya dan beribadahlah seakan-akan mati besok " Ungkapan populer ini mengajarkan kepada kita untuk meningkatkan etos kerja, baik untuk dunia maupun akhirat. Artinya, hidup ini semata-mata tidak hanya untuk akhirat saja, tetapi juga dunia perlu diperhatikan. Sebab, manusia diciptakan di dunia untuk ap